BOOKING TIKET PESAWAT

Warisan dunia

Warisan dunia. Info sangat penting tentang Warisan dunia. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Warisan dunia

Warisan dunia. Prokimal Kotabumi Lampung Utara. Anda mengenal seni batik? Sepertinya semua orang Indonesia mengenal seni menggambar diatas kain yang disebut batik ini. Batik sudah menjadi phrase yang sangat populer bagi kita. Jika diminta untuk menunjukkan sebuah kain batik, mungkin semua orang Indonesia bisa melakukannya. Menurut sebuah situs ensiklopedia online (Wikipedia.org) istilah batik berasal dari kosa kata bahasa Jawa yaitu ambatik yang merupakan gabungan dari kata amba yang berarti menggambar atau menulis dan nitik yang berarti membuat titik-titik.

Berdasarkan berbagai sumber yang berbeda terdapat kesepakatan bahwa kerajinan batik Indonesia sudah berkembang sejak jaman kerajaan Majapahit. Awalnya kain batik hanya dikenakan oleh keluarga bangsawan kerajaan karena corak batik kala itu menggunakan simbol-simbol tertentu untuk menandai status pemakainya. Lama-kelamaan masyarakat luas mulai ikut menggunakan kain batik sebagai busana mereka. Terutama pada abad ke-18 dimana kala itu kerajaan atau kesultanan yang menjadi pusat perbatikan di Jawa banyak mengalami kekalahan perang melawan Belanda. Kekalahan ini membuat keluarga kerajaan tersebut mengungsi ke berbagai daerah di Pulau Jawa. Mereka juga membawa kerajinan batik ini dalam pengungsiannya. Sejak saat itulah kerajinan batik menyebar ke seantero Jawa dan berkembang dengan cirinya masing-masing. Bahkan perkembangannya hingga keluar Pulau Jawa.

Dan ada kabar gembira dari PBB yang melalui UNESCO akan menjadikan Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Setelah sebelumnya dinyatakan pengakuan bahwa kerajinan batik lahir dari budaya Indonesia. Kerajinan batik Indonesia sudah diakui sebagai warisan peradaban dunia, peradaban manusia. Untuk itu, pemerintah RI mengajak masyarakat negeri ini untuk bersama-sama mengenakan pakaian batik pada tanggal 2 Oktober 2009.

Sekedar tambahan, ajakan pemerintah yang disuarakan oleh presiden tersebut layak untuk diikuti. Batik adalah berasal dari Indonesia. Anda tentu masih ingat betapa tidak sedikit orang Indonesia yang menjadi marah karena ada negara lain yang mencoba mengklaim kerajinan batik sebagai hasil budaya negerinya. Menurut info yang lebih lanjut, setelah kain batik akan diajukan lagi beberapa hasil budaya negeri kita untuk mendapatkan pengakuan dunia melalui UNESCO.

Usai memimpin rapat yang membahas penanganan gempa bumi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali memimpin rapat terbatas tentang batik sebagai warisan dunia di Istana Bogor, Senin (7/9) sore. "Kami melaporkan mengenai diangkatnya batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Batik Indonesia menjadi representasi dari budaya tak benda warisan manusia," kata Menko Kesra Aburizal Bakrie.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger